PEDOMAN PEMBERIAN DANA BANTUAN PENINGKATAN KARIER PTK SMP MELALUI MGMP SMP TAHUN 2015

Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud kembali melakukan aktivitas pemberian bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015. Pemberian perlindungan tersebut diperlukan dapat meningkatkan frekuensi dan intensitas kegiatan MGMP SMP tahun 2015. Selain itu, pemberian bantuantersebut juga diharapkan dapat mendorong peningkatan partisipasi dan kontribusi MGMP SMP dalam pengembangan karier anggotanya. Pada gilirannya, upaya tersebut diperlukan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan mutu guru secara nasional, serta berimplikasi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan menuju standar nasional pendidikan.

Adapun Tujuan Pemberian Bantuan  perlindungan penigkatan karier PTK SMP ini bertujuan untuk:
a) meningkatkan intensitas, frekuensi, partisipasi, dan kontribusi MGMP SMP dalam peningkatan karier guru SMP;
b) meningkatkan karier guru SMP secara nasional.

Sasaran pengguna pedoman perlindungan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 ini, yaitu:

a.  MGMP SMP yang berminat untuk mengajukan proposal kegiatan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015;
b.  MGMP SMP sebagaimana dimaksud butir a yaitu:
1)     MGMP PKn;
2) MGMP Bahasa Indonesia;
3) MGMP Bahasa Inggris;
4) MGMP Matematika;
5) MGMP IPA;
6) MGMP IPS;
7) MGMP Seni dan Budaya;
8) MGMP Penjasorkes;
9) MGMP Muatan Lokal (Bahasa Daerah, PTD, Prakarya, TIK, dan sejenisnya);
10)  MGBK.
c.  tim penilai proposal kegiatan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015;
d.  pengelola perlindungan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud;
e.  unsur dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi/kabupaten/kota di seluruh Indonesia;
f.   stakeholders pendidikan (P4TK, LPMP, kepala sekolah SMP, pengawas SMP, komite pendidikan, dewan pendidikan, dan lainnya) di seluruh wilayah Indonesia.
Adapun Sasaran Penerima Bantuan

1)   Secara khusus, sasaran akseptor perlindungan dana peningkatan karier PTK dikdas dalam aktivitas ini, yaitu:1497 (seribu empat ratus sembilan puluh tujuh) paket @ Rp28.000.000,00 (dua puluh delapan juta rupiah) per MGMP SMP.

2)   Secara geografis, sasaran akseptor diutamakan untuk daerah/kabupaten/kota yang jumlah MGMP akseptor blockgrant-nya relatif lebih sedikit dibandingkan dengan daerah/kabupaten/kota lainnya pada sebelumnya.

Hasil yang diperlukan dari pelaksanaan perlindungan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 ini, ialah adanya 1497 MGMP SMP, yang:

1.     memiliki kesamaan persepsi dan janji yang tinggi untuk meningkatkan karier guru yang terhimpun dalam kegiatan MGMP SMP sesuai dengan kebutuhan di kabupaten/kota terkait;

2.     memiliki motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan pengembangan karier guru melalui kegiatan di MGMP SMP;

3.     mampu meningkatkan karier guru melalui kegiatan di masing-masing MGMP SMP sesuai dengan kebutuhan di kabupaten/kota terkait.

Bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 bersifat stimulatif, motivatif, transparan, akuntabel, dan proporsional.

1)   Stimulatif berarti pemberian danabantuan pembinaan karier guru SMP melalui wadah MGMP SMP mendorong MGMP untuk menggali sumber dana lainnya sehingga bisa memperlihatkan kontribusi yang lebih signifikan dalam peningkatan kompetensi, pengembangan profesionalisme, dan peningkatan karier PTK SMP.

2)   Motivatif berarti pemberian dana perlindungan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 diberikan untuk mendorong kegiatan peningkatan kompetensi, pengembangan profesionalisme, dan pengembangan kariernya.

3)   Transparanberarti penggunaan danabantuan peningkatan karier guru SMP melalui MGMP SMP dapat diketahui dan diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.

4)   Akuntabel berarti penggunaan dana perlindungan peningkatan karierguru SMP melalui MGMP SMPdapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan.

5)   Proporsional berarti distribusi akseptor blockgrant memperhatikan keberimbangan mata pelajaran SMP, geografis/peta kewilayahan, dan kebutuhan tempat tertentu.

6)   Efektif dan efisien dapat dimaknai: hindari pemborosan waktu dan penggunaan dana untuk kegiatan yang kurang bermanfaat dengan mengutamakan pemberdayaan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh anggota MGMP.

7)   Tertib manajemen dan pelaporan berarti semua jenis pengeluaran dibukukan pada buku kas umum dan seluruh bukti-buktinya dilaporkan dan dipertanggungjawabkan sesuai dengan bukti transaksi positif yang terjadi berdasarkan peraturan perundang-undangan, dan semua pelaporan pelaksanaan kegiatan dilaporkan dan diarsipkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penggunaan Dana
Penggunaan danabantuan peningkatan karier PTK SMP difokuskan untuk kegiatan pembinaan karier(binkar) dan pengembangan profesionalisme dan peningkatankarier PTK SMP. Dalam praktik, danabantuan peningkatan karier PTK SMP dipergunakan secara proporsional sebagai berikut.
Tabel  Proporsi Penggunaan Anggaran
NO
KEGIATAN
PERSENTASE
1
Persiapan
Maksimal 5 %
2
Pelaksanaan Program dan Kegiatan
Minimal 90%
3
Publikasi Hasil Kegiatan/diseminasi
Maksimal 2,5%
4
Pelaporan
Maksimal 2,5 %
Persyaratan Pengajuan Proposal Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Tahun 2015
Persyaratan pengajuan proposal untuk memperoleh dana perlindungan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 yaitu:
1)   mempunyai wadah (SK pendirian, struktur organisasi, pengurus) yang disahkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi;

2)   memiliki daftar anggota MGMP yang mencakup: nama lengkap, NIP, asal sekolah, pangkat/golongan, telepon rumah, nomor HP. (Format lampiran 3);

3)   masih aktif melakukan kegiatan setidaknya dalam satu tahun terakhir yang ditunjukkan dengan adanya aktivitas kerja dan dilampiran daftar hadir secara berkala, jadwal kegiatan, laporan, dan bukti fisik hasil pelaksanaan kegiatan;

4)   memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas nama kelompok MGMP SMP;

5)   memiliki sistem manajemen yang transparan dan akuntabel dibuktikan dengan menyerahkan pola kegiatan dan keuangan;

6)   memiliki rekening yang masih aktif atas nama kelompok MGMP SMP, berikut fotokopi saldo simpulan minimal Rp250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)atau sesuai aturan bank penabung pada ketika proposal dikirim;

7)   melampirkan surat verifikasi rekening aktif dari pihak Bank Pemerintah yang bersangkutan dan ditandatangani oleh pejabat Bank dan dibubuhi stempel Bank yang bersangkutan.

Mekanisme Penyaluran Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Tahun 2015
Bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 disalurkan dengan mekanisme sebagai berikut.
1)   Ketua MGMP SMP penerima perlindungan peningkatan karier PTK dikdas dan Direktur P2TK Dikdas menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)dan kuitansi penerimaan. Catatan: Agar proses pelaksanaan kegiatan dapat segera dilaksanakan, MOU dan kuitansi, ditandatangani lebih dahulu dan diajukan bersamaan dengan pengajuan proposal. Namun MOU dan kuitansibelumberlaku, jikalau MGMP SMP yang mengajukan proposal dinyatakan tidak lulus seleksi. Kuitansi dan MOU dinyatakan sah jikalau MOU dan kuitansi tersebut telah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

2)   Ketua MGMP menandatangi kuitansi penerimaan perlindungan dengan nilai Rp28.000.000, kuitansi diberi metarai Rp6.000 dan distempel MGMP.

3)   Subdit PTK SMP, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud, membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang ditujukan kepada Pejabat Pembuat SPM (PPSPM).

4)   PPSPM Direktorat P2TK Dikdas menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN);

5)   KPPN menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang eksklusif dibayarkan ke rekening Bank mitra dan selanjutnya Bank mitra menyalurkan ke rekening MGMP SMP.

6)   MGMP SMP penerima dana perlindungan peningkatan karier PTK Dikdas segera mencairkan dan menggunakan dana perlindungan untuk kegiatan-kegiatan sebagaimana aktivitas yang telah diajukan paling lambat 2 (dua) ahad setelah dana masuk rekening;

7)   MGMP SMP penerima dana perlindungan peningkatan karier PTK Dikdas membuatdan mengirimkan laporan keuangan setelah kegiatan selesai ke Subdit PTK SMP Direktorat P2TK Dikdas paling lambat 2 (dua) ahad setelah kegiatan berakhir.

Jadwal Pemberian Penyaluran Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Tahun 2015
Secara keseluruhan rencana pemberian perlindungan karier PTK SMP dengan jadwal sebagai berikut.
Tabel Rencana Jadwal Pemberian Bantuan Karier PTK SMP
NO
JENIS KEGIATAN
WAKTU
Penyusunan Pedoman
Februari 2015
Sosialisasi
Maret 2015
Penyusunan Proposal
Maret s.d April 2015
Pengiriman Proposal
Dikirim paling lambat 30 April dan diterima paling lambat 15 Mei 2015
Seleksi Proposal
Minggu ke II – IV Mei 2015
Pengumuman Hasil Seleksi
Minggu I Juni 2015
Proses Pencairan
Juni 2015
Pelaksanaan Program dan Kegiatan
Juli – Oktober 2015
Diseminasi Hasil Akhir atau Seminar/Publikasi hasil
September – Oktober 2015
Monev
Juli – Oktober 2015
Pelaporan
Oktober-November 2015


Sumber http://ainamulyana.blogspot.com/